APA ITU APLIKASI MENDELEY?

Hallooo sob~~ kali ini saya ingin menjelaskan sedikit apa itu Aplikasi Mendeley ? di simak baik baik :) karena ini aplikasi lumayan berguna untuk kalian para Mahasiswa.
Apa sih itu aplikasi Mendeley? Aplikasi Mendeley ini merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi. Seberapa penting sih?  Mendeley itu aplikasi apa ya?
Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kamu masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka. dengan Mendeley kamu bisa langsung penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka  tersebut.
Kamu bisa mendapatkan Mendeley secara gratis di sini. Namun tetap saja, meskipun sebuah aplikasi yang bisa berdiri sendiri, namun fungsi Mendeley bekerja sebagai Add-In untuk  Microsoft Word. 
Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley antara lain:
  • Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
  • Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
  • Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
  • Smart filtering dan tagging.
  • PDF viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
  • Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed, Google Scholar, arXiv, dll).
  • Integrasi dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libre Office.
Untuk tutorial menggunakan Mendeley sudah banyak di Youtube, lengkap sedetail-detailnya. jadi kamu bisa lebih paham dan mengerti dengan aplikasi Mendeley.. karena saya disini hanya menjelaskan secara singkat saja cara penggunaannya.. xixixi ✌✌
berikut ini adalah profil saya di mendeley dan penjelasan sedikit penggunaan mendeley..
di atas adalah profil saya 
Di atas adalah tampilan Aplikasi Mendeley yang telah saya install dan sudah saya terdapat jurnal yang sudah saya masukkan, sebelum memasukkan jurnal tersebut, kamu harus mendownload jurnal tersebut dengan salah satu format .pdf . 2 jurnal ini lah yang akan kita kutip isi nya dari mendeley untuk di masukkan ke microsoft word. sebelum itu, kamu harus install MS. Word PlugIn. install MS. Word PlugIn cukup mudah, dengan memilih submenu Tools dan pilih Install MS Word Plugin
Karena saya sudah menginstall MS Word Plugin terlebih dahulu sebellum menulis blog ini, makanya tampilan menu nya sedikit berbeda dengan kamu untuk para pengguna mendeley baru.
disini saya akan mencontohkan cara mengutip teks dan membuat daftar putaka dari jurnal yang telah saya masukkan ke Mendeley. jurnal ini berkaitan dengan Finance dan Accounting.
1. Mengutip teks
    pertama buka aplikasi Microsoft word, kemudian pilih submenu References, klik Insert Citation, Klik Go to Mendeley, setelah pilih kalimat atau paragraf yang mau di copy kemudian di paste ke microsoft word, setalh itu ulangi langkah di atas dan pilih submenu CITE untuk mengutip jurnal tersebut. berikut adalah contoh kutipan yang telah saya buat :
-.In management accounting, as in financial accounting, it may be said that a major building block in the conceptual foundation is cost. Both the financial and manage- ment accountant must have a sound understanding of the varied and complex rami- fications of cost. From a financial accounting viewpoint, a faulty understanding of cost may cause financial statements to be incorrectly prepared. From a management accounting viewpoint, an inadequate understanding or use of costs will result in poor decisions (Drury, 1988)

-. Pasar modal memiliki peranan penting dalam kehidupan ekonomi, sejalan dengan
kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan pasar modal dalam penyediaan dana
jangka panjang, yaitu sebagai perantara bagi pihak surplus dan pihak defisit dana. Pasar
modal adalah juga sebagai lembaga pemupukan modal dan mobilisasi dana, dimana pasar
modal akan memberikan hasil seperti yang diharapkan, apabila pasar modal itu efisien.(Herawaty, 2005)

2. Membuat Daftar Pustaka
    untuk caranya hampir mirip seperti mengutip teks dari mendeley, hanya di tambahkan setelah mengutip teks tersebut di word, kemudian pilih kembali submenu References di word kemudian pilih Insert Bibliography  dan akan muncul dafatr pustaka dari jurnl yang telah di kutip teks nya tersebut.
berikut contoh Daftar Pustaka dari kutipan jurnal yang telah saya buat di atas

-. Drury, C. (1988). Manufacturing Systems, Strategies and Technologies. Management Accounting, 51–62.

-. Herawaty, A. (2005). SNA VIII Solo, 15 – 16 September 2005, (September), 15–16.


Link jurnal :
1. http://www.microbuspub.com/pdfs/chapter4.pdf
2. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/29666337/27208023.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1507575614&Signature=CYi6gt16oo0gkTjt61iamLxLb%2B8%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DAnalisis_Pengaruh_Karakteristik_Perusaha.pdf

sekian pembahasan dari saya kali ini, semoga membantu para pembaca setia blog ini...
Sampai jumpa lain waktu...🙌🙌 


Komentar

Postingan Populer