Database, Record dan Field dalam Shell Member Card

Hallo para pembaca sekalian di blog saya ini. Kali ini saya ingin membahas tentang Database, Record dan Field dalam Shell Member Card.

Kartu keanggotaan Shell ClubSmart ini merupakan bagian dari program loyalitas konsumen yang dilaksanakan secara global.
Melalui kepemilikan kartu Shell ClubSmart, konsumen Shell dari kalangan pengendara motor akan mendapatkan poin dari setiap pembelanjaan bahan bakar


Inline image
Database
           Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Record
            Record adalah kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, database dapat dikatakan sebagai sebuah tabe yang memiliki baris alias record dan kolom atau field. Setiap baris menyatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan.

Field
             Field adalah suatu kumpulan dari karakter yang memiliki arti, yang ketika terdapat field seperti Nomor Barang atau Nama Barang akan dapat di paparkan dalam field yang harus berkaitan dengan nomor barang dan juga nama barang. Field merupakan tempat atau kolom yang ada di dalam tabel yang dapat di isikan nama-nama atau data field.

Ini adalah salah satu penerapan Database, Record dan Field : 




1. Database 
    Shell Member Card terdapat beberapa informasi pada kartu tersebut yang di sebut database

2. Record
    pada Shell Member Card terdapat informasi berupa nama Hilman Fauzi,beberapa data informasi pelanggan tersebut dan jumlah poin yang sudah terkumpul dalam kartu tersebut.

3. Field
    informasi yang tersedia pada kartu member tersebut berupa :
    Nama pemilik atau anggota Shell Member Card, nomor kartu tersebut, inofrmasi data diri pemilik kartu tersebut dan jumlah poin yang telah terkumpul.

sekian pembahasan Database, Record dan Field pada Shell Member Card tersebut. semoga membantu untuk para pembaca blog ini. 
Terima kasih and Have a nice day✌✌



Komentar

Postingan Populer